BLC-Telkom Klaten-SMKN 1 Tambakboyo

Wednesday, November 2, 2016

Menghitung Jarak Radius Tower menggunakan google earth

Assalamu'alaikum wr.wb.. 

Haayy sobat dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghitung ketinggian antena menggunakan google earth.




                   

-Latar Belakang
Dalam membangun sebuah jaringan, banyak faktor yang perlu kita perhatikan.Salah satunya kita harus memperhatikan jarak dan penghalang yang mungkin bisa menghambat sinyal.Hal ini diperlukan karena frekuensi yang dipancarkan oleh AP berupa gelombang sinus, maka dari itu penghitungan tinggi antena dan Fresnel Zone (jari-jari frekuensi antar dua pemancar) perlu diperhitungkan dengan tepat.Meskipun kelihatanya jarak antara kedua frekuensi tidak ada penghalang (terlihat jelas) namun sebenarnya tidak.

-Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan untuk menghitung ketinggian antena menggunakan google earth.

-Alat dan Bahan
= -PC/Laptop
   -Koneksi Internet
   -Google Earth

-Langkah Kerja
1.Pertama download dulu google earthnya, jika belum punya bisa download disini htmlhttps://www.google.com/earth/download/ge/agree.html

2.Kemudian install google earth tersebut, jika sudah terinstall silahkan buka google earth anda.



3.Setelah itu carilah tempat tower pertama, kemudian klik tanda kuning di bagian kiri atas, lalu berilah nama pada tempat tersebut.


4.jika sudah, selanjutnya carilah tempat tower ke dua kemudian tandalah seperti tadi, kemudian namailah tempat tersebut.


5.Jika tempat satu dan tempat dua sudah tertandai selanjutnya ukurlah ke dua tempat tersebut menggunakan icon rules (penggaris).


6.Setelah anda sudah mengetahui jarak kedua tempat tersebut maka selanjutnya bukalah web browser anda lalu hitung di halaman resmi mikrotik 
lalu akan muncul menu seperti dibawah ini, kemudian masukanlah pengukuran tadi.



7.Jika perhitungan google earth sudah di masukan klik hitung.

8.Nah, dari perhitungan tersebut akan muncul hasil perhitungan, Jari-Jari Fresnel Zone, Fresnel Zone, Tinggi Lengkung Bumi, dan Tinggi Antena minimum yang disarankan.


Selesai
Sekian dari saya, Terimakasih

-Hasil dan Kesimpulan
Hasilnya kita dapat menghitung ketinggian antena menggunakan google earth


Naaah begitulah caranya menggunakan google earth
Share:

1 comment:

Scroll To Top