BLC-Telkom Klaten-SMKN 1 Tambakboyo

Monday, October 24, 2016

Fungsi Dan Kegunaan OwnCloud Dan Cara Membuatnya


Hayy kawan kali ini saya akan berbagi ilmu ke kalian semua, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang OwnCloud, apa sih fungsi OwnCloud dan apa sih kegunaanya.??

1.PENGERTIAN

Yahh.. Pada dasarnya OwnCloud adalah sebulah aplikasi open source yang berguna untuk keperluan dalam membangun komputasi awan pribadi. OwnCloud bisa saja di terapkan pada sever pribadi dimana komputasi awan (cloud) lebih private, dengan demikian data yang terdapat pada OwnCloud tersebut bisa lebih maksimal di gunakan untuk kepentingan akademik.

2. LATAR BELAKANG
OwnCloud bisa menjadi solusi yang bagus jika di implementasikan pada sebuah kampus, karena data kampus yang begitu banyak bisa lebih di managemen dengan baik dan teratur.
Dan bahkan setiap mahasiswa akan memiliki stroge pribadi yang dapat digunakan untuk menyimpan berkas aktifitas kuliahnya di cloud pribadi yang dimiliki kampus tersebut.

3. MAKSUT DAN TUJUAN

Penerapan seperti ini sangat efisien menurut saya karena dapat dimanfaatkan untuk mengelola dan mengsinkromisasikan buku alamat (Address), daftar jadwal, gambar, berkas-berkas Office, Video dan Audio yang disimpan di server lokal maupun di tempat hosting
Yah bisa di bilang data center kecil yang berguna dalam memanagent file file dokumen milik kampus tersebut.
Tidak hanya secara internal Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrogaraman PHP-5 ini, diklaim mampu melakukan sinkronisasi lebih cepat dan dengan mudah dapat disambungkan ke layanan Cloud eksternal seperti, Dropbox maupun Google Drive.
Untuk menjalankan nya tersedia berbagai macam operating system, dan pada umumnya lebih sering di jalan kan dengan menggunakan Linux, baik itu Ubuntu server bahkan distro distro linux lain nya.
Dan untuk client juga bisa di integrasinya dengan mobile android, dengan demikian data yang ada pada server yang telah di jalankan Owncloud bisa di akses kapan pun dan dimana pun.
Bayang kan bagaimana mudahnya dalam memanagement data jika OwnCloud ini di terapkan di kampus. Pasti akan menjadi solusi yang sangat efisien dalam memanagent file file kampus tersebut.
Sampai saat ini OwnCloud sudah versi 8.0 dengan berbagai fitur dan perbaikan yang telah di tambahkan.
Sekian dari saya, semoga informasinya bermanfaat ya, dan jika kamu adalah mahasiswa tingkat akhir Penerapan OwnCloud ini sangat cocok kamu ajukan dalam skripsi.
 
Setelah mengerti Fungsi Dan Kegunaan  OwnCloud sekarang masuk tahap pengistalan OwnCloud.

4.ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-file install owncloud,

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan dalam waktu 30m - 1 jam dalam tahap belajar.
 

1. Masuk ke terminal lalu masuk ke user root dengan petrintah su. setelah masuk ke user root, dan untuk masuk ke direktori yang di tuju masukkan perintah "cd /home/lauhulmahfuzh/Downloads/"
jika sudah masukkan perintah "ls" intuk melihat isi directori.
       


2. kemudian masuk ke html dengan perintah "cd /var/www/html/"
    untuk melihat isi di dalam html masukkan perintah "ls"
     kemudian untuk memeilih masukkan perintah "chmod -R 755 owncloud"
     kemudian masukkan lagi perintah "chown -R www-data:www-data owncloud"      kemudian Enter.


3. Kemudian masuk ke terminal yang baru lelu masuk ke root dengan perintah
    "su". setelah masuk ke user root msukkan perintah "ape-get install php5-curl"
    kemudian enter. 


4. Kemudian restart denagn memasukkan perintah "/init.d/apache2 restart"
  


5. Dan ini hasil OwnCloud yang sudah jadi


Dan selesain dalam membuat OwnCloud nya. semoga bermanfaat dalam tutorial ini dan semoga dapat membantu anda dan dapat berhasil.. :v :v

Di kutip dari: http://www.urbandistro.com/fungsi-dan-kegunaan-owncloud-jika-di-terapkan-di-kampus/
Share:

0 comments:

Post a Comment

Scroll To Top