BLC-Telkom Klaten-SMKN 1 Tambakboyo

Sunday, November 27, 2016

Konigurasi NTP Server Di Debian Server 8.6

Konigurasi NTP Server Di Debian Server 8.6

Assalamu'alaikum wr.wb

Hayy sobat selamat malam kali saya akan akan sharing ke kalian semua yang ingin mengatur waktu di server anda agar bisa lebih sinkron, dengan menggunakan jaringan internet. kali ini kita menggunakam ntp server. sebelum kita mesuk ke topik pembahasan lebih baik kita paham dan mengerti apa itu ntp server dan bagai mana penggunaanya yah langsung saja bila kurang jelas dengan bahasa saya lebih baik ke baca

A. Pengertian 
NTP adalah singkatan dari Network Time Protocol, sebuah protocol untuk meng-sinkronkan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang mensinkron-kan waktunya terhadap sumber waktu akurat, dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta, untuk pengertian lebih jelas klik disisi .

B. Maksut dan tujuan
Membantu memudahkan bagi anda yang ingin belajar mengkonfigurasi NTP Server di Server anda masing masing atau melalui virtual.

C. Alat dan bahan
Komputer yang terinsatal Debian

D. Waktu yang di tentukan
1 hingga 2 jam

E. Tahap pelaksanaan
1. Instal terlebih dahulu paket ntp Server dan ntpdate Client, dengan perintah:
# apt-get install ntp ntpdate

2. Kemudian untuk konfigurasi ntp server di file /etc/ntp.conf, edit file dengan perintah: # nano /etc/ntp.conf

3. Setelah itu anda edit di bagian "server 0 debian sampai dengan server 3, anda cukup mengganti tulisan debian dengan di ganti ID, Dan selanjutnya anda tambahkan tulisan server di bawhah server 3 dengan menambahkan server 127.127.1.0

4. Setelah selesai mengedit arahkan kebawah dan hilangkan tanda # pagar nya kemudian ubah menjadi “restrict 192.168.137.0 mask255.255.255.0 nomodify notrap” seperti gambar dibawah ini :

Lalu anda simpan file tersebut dengan menekan ctrl+x lalu takan y tekan enter

5. kemudian coba anda restrat dengan perintah:
# service ntp restart

6. Kemudian anda cekntp-server local sudah bekerja dengan baik atau belum.Dengan perintah : # ntpq -p. Jika pada bagian “jitter” bernilai 0.001 atau 0.000, berarti sudah benar, dan jika belum, periksa kembali file ntp.conf. Dengan cara seperti gambar dibawah.

7. Lalu coba dengan mengetes terlebih dahulu melalui server debian langsung dengan perintah :
# ntpdate -u 127.0.0.1

JIka sudah keluar pemberitahuan seperti diatas berarti konfigurasi anda telah berhasil.
Cukup sekian dari saya semoga semoga ilmu yang saya tularkan bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan.

 







Share:

0 comments:

Post a Comment

Scroll To Top