BLC-Telkom Klaten-SMKN 1 Tambakboyo

Tuesday, November 22, 2016

Konfugurasi FTP Server Di Debian Server 8.6


Konfugurasi FTP Server Di Debian Server 8.6 


Assalamu'alaikum wr.wb

selamat malam

Selamat pagi teman selmat beraktivitas, pada pagi hari ini saya akan berbagi ilmu kepada agan yang ingin membangung ftp server di server agan sendiri, sebelum pada tahap pelaksanaanya kita tentunya harus tau kegunaan ftp server dan spesifikasi nya, langsung aja untuk pengenalan nya.

A. Pengaertian
FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, protokol untuk bertukar file melalui jaringan. FTP sering digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server (misalnya mengupload konten-konten web ke sebuah webserver). Untuk cara kerja protokol FTP hampir sama dengan protokol lainnya.
Apabila protokol HTTP bertugas untuk urusan web, dan kemudian protkol SMTP bertugas dalam urusan mail, maka FTP bertugas untuk urusan pertukaran file. pada Intinya FTP adalah protokol yang bertugas dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload pada jaringan.
Sebenarnya ada dua aplikasi yang paling popular untuk ftp server pada distro
debian. Yaitu ProFTPd dan Vsftpd. Dan kali ini saya menggunakan Proftpd, karena dianggap lebih mudah dan cepat dalam konfigurasinya.

B. Maksut Dan Tujuan 
Maksut saya membuat tutorial FTP server adalah membantu memudahkan user atau admin dalam mengkonfigurasikan ftp server di server anda masing masing.

C. Alat Dan Bahan
Komputer yang terinstal debian

D. Jangka Waktu Pelaksanaan 
30 menit sampai 1 jam

E. Tahap pelaksanaan
1. Langkah pertama install proftpd dengan perintah:
# apt-get install proftpd
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbQ6XOssNFW_Wqozd1QfGktR3nAIXbWxwbWwCgFpczpjuuVWki8uAr36QnQvUHcT8DQu2Dt9YBleWT-6QxmINiBGmHuBDsHrU9LvBi49GsmvGhjDF-atUzaEqwUzM_pq5agikiw5s6jxz1/s1600/proconfpng.png
Setelah anda enter akan muncul dua pilihan yaitu “from inetd” dan “standalone” anda pilih saja standalone dengan mekan enter.

2. Kemudian konfigurasi proftpd dengan perintah:
# nano /etc/proftpd/proftpd.conf

3. Tambahkan baris seperti di bawah ini:
<Anonymous /hme/pupung/>
User pupung
</Anonymous>
kemudian simpan dengan menekan Ctrl dan Y lalu Enter.

4. Kemudian tambah user baru dengan dengngan memasukkan perintah:
# adduser (nama user)
setelah menambah user kemudian restart denagan perintah:
# service proftpd restart


5. Untuk mencoba berhasil atau tidak untuk percobaan buat sebuah file di direktori /home/aku, kita masuk dulu ke browser terlebih dahulu dan masuk kan di link ftp://192.1688.149.2 setelah masuk seperti di bawah  masukkan username dan password anda.
 


6. Untuk percobaan buat sebuah file di direktori /home/aku , kemudian coba melalui client seperti tadi, atau anda dapat mengunakan aplikasi “filezilla”

Nah itu saja yang dapat saya shring ke teman teman yang lagi ngin mengkonfigurasi ftp di servernya sendiri.

Refrensi: Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf-Debian
http://203.130.243.185/data/eBook%20TKJ/Buku%20Konfigurasi%20Debian%20Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Share:

0 comments:

Post a Comment

Scroll To Top