BLC-Telkom Klaten-SMKN 1 Tambakboyo

Thursday, October 20, 2016

Langkah Langkah Menginstal Proxmox



A. Ringkasan Materi
Proxmox VE (Virtual Environment) adalah sebuah distro Linux virtualisasi berbasis Debian ( 64 bit) yang mengusung OpenZV dan KVM, dengan KVM kita tidak hanya bisa menginstall linux saja akan tetapi Operating system windows pun bisa kita instal. Namun yang membuat istimewa dari proxmox adalah kemudahan dalam installasi dan administrasi berbasis Web.

B. Tujuan
Agar mengetahui cara instalasi proxmox da membuat virtualisasi linux,

C. Alat dan Bahan
1. usb installer proxmox ve 4.3
2. komputer server yang hendak diinstall proxmox

D. Langkah-langkah
1.  Siapkan usb installer proxmox ve 4.3 dan komputer servernya, pastikan dalam keadaan baik, kemudian masuklah ke dalam bios setting, dan aturlah virtualisasi enable, dan juga power ac on enable, supaya ketika aliran listrik mati, dan kemudian hidup lagi maka server automatis akan hidup kembali,

2. kemudian, atur uga first bootpaa bios, dengan menjadikan usb sebaga first boot, supaya installer kita dapat terbaca,

3. Pada langkah pertama akan muncul halaman awal instalasi, kemudian tekan
ENTER.


4. Setelah itu,pilih I Agree pada bagian lisensi. Proxmox ini dirilis dalam
lisensi GPL sehingga bisa digunakan secara bebas atau free.


5. Kemudian,atur Location and Time selection yaitu menentukan lokasi dan zona waktu sistem Proxmox VE. Isikan pada tab Country dengan Indonesia.


6. Sama seperti sistem operasi Linux lainnya Proxmox juga mewajibkan untuk
penggunanya menetapkan password. Secara default sistem Proxmox memiliki user root. Kemudian isikan E-mail, hal ini digunakan untuk monitoring, sehingga segala bentuk informasi akan dikirimkan ke e-mail tersebut.


7. Karena Proxmox dalam konfigurasinya kebanyakan menggunakan web based maka dalam hal ini wajib diatur IP untuk keperluan remote menggunakan web.
misalnya,
hostname : smekta.net
ip address: 192.168.10.2
netmask: 255.255.255.0
gateway : 192.168.10.1
dns server : 192.168.10.1



8. Setelah langkah-langkah yang telah dilakukan tadi maka proses instalasi pun dapat berjalan. Tunggu sekitar kurang lebih 30 menit sampai proses install selesai.


9. Dan inilah tampilan awal proxmox, silahkan anda masukkan username dengan root misalnya, dan passwor yang sudah dikonfigurasi tadi,
 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Scroll To Top